Senin, 20 April 2015

MIE ACEH SEULAWAH REBUS - MIE KUAH TOP JAKARTA versi pak BONDAN

Kelezatan Mie Aceh Seulawah mendapat pengakuan dari Pak Bondan Winarno pakar kuliner Indonesia yang terkenal dengan istilah " Mak Nyus". Dalam liputannya  tentang 12 Mi Kuah Top di Jakarta  di Majalah Yuk Makan Edisi 5  2010  atau saat ini masih bisa dilihat di websitenya di " 12 Mi Kuah Top Jakarta", Mie Aceh Seulawah merupakan Top Indonesian Food yang masuk dalam 12 Mi Kuah Top di Jakarta,


Berikut ulasan pak Bondan :

RM Aceh Seulawah
Jl. Bendungan Hilir Raya 8, Jakarta Pusat, 021 5708660

Mi-nya berwarna kuning "menyala", berdiameter sedang. Kuah kentalnya yang berwarna cokelat mengeluarkan aroma seafood dan herba kuat, sesuai dengan citarasanya yang juga garang. Secara umum, rasanya seperti kari, tetapi dengan tendangan bawang merah yang lebih mantap. Di Malaysia, mi seperti ini kebanyakan dijual oleh orang India Muslim atau Pakistan, dan dikenal dengan nama Mi Mamak.
Bisa dipesan sebagai mi goreng maupun mi kuah. Bumbunya persis sama, tetapi yang versi kuah ditambah air. Disajikan dengan emping melinjo dan acar bawang merah. Klopnya, menu ini disandingkan dengan jus timun (timun kerok), sesuai dengan konsep yin-yang, yaitu keseimbangan antara bumbu yang kuat dengan minuman yang segar dan menyejukkan.
Mi Aceh Spesial dengan seekor kepiting utuh dibandrol Rp 50.000. Tetapi, untuk Mi Aceh dengan lima ekor udang kupas ukuran sedang dapat dinikmati dengan Rp 17.500 saja ( ket : harga tahun 2010). Tetapi, bila alergi makanan laut, juga dipesan versi ayam.



1 komentar: